Kamis, 16 Mei 2019

Berbagai Lokasi Perumahan Baru yang Tersebar Di Indonesia




 Berbagai Lokasi Perumahan Baru yang Tersebar Di Indonesia

Memiliki rumah adalah impian semua orang. Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki beberapa anak. Sayangnya dengan berbagai alasan pula kesempatan itu tidak bisa dengan mudah diwujudkan.

Masalah yang paling sering ditemui adalah perkara keuangan. Karena tidak bisa dipungkiri, untuk membeli sebuah rumah, artinya harus ada sejumlah uang yang harus dibayar baik itu saat proses pembelian maupun proses perawatannya.

Untuk langkah awal proses sebuah pembelian rumah memang memerlukan uang untuk melakukan booking fee. Jumlahnya juga beragam, namun tidak terlalu besar. Proses selanjutnya, Anda bisa memulai mengajukan bantuan dana dari bank yang melayani proses pembelian tersebut.

Setelah bank menyetujui. Maka selanjutnya yang harus diselesaikan adalah pembayaran uang muka. Untuk uang mukapun ditawarkan secara beragam. Biasanya jumlahnya jutaan hingga puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Tentunya ini bergantung juga pada besar dan luasnya tanah serta bangunan yang akan dibeli. Belum lagi lokasi dari rumah itu sendiri yang menentukan rumah tersebut mahal atau tidaknya.

Bisa juga dengan proses sebaliknya. Anda bisa menghubungi pihak bank terlebih dahulu, kemudian baru menghubungi pihak developer yang bekerjasama dengan pihak bank tersebut. Sementara untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah,  juga bisa mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah Subsidi yang merupakan program dari pemerintah. Bahkan yang lebih meringankan lagi, ternyata ada KPR bersubsidi yang tidak memerlukan uang muka.

Untuk proses selanjutnya, Anda bisa melakukan cicilan yang telah disetujui dan  biasanya dibayarkan setiap bulannya untuk  jangka waktu yang juga sudah dibicarakan, setidaknya 10 hingga 15 tahunan bahkan ada juga yang mencapai 20 tahun.

Saat ini untuk menemukan lokasi perumahan baru memang bukan perkara mudah. Karena biasanya posisinya berada di luar kota dan sedikit jauh dari keramaian. Namun sebetulnya hal ini tidak perlu Anda risaukan.

Karena bisa Anda bayangkan dalam beberapa tahun ke depan. Lokasi perumahan baru tersebut pasti akan menjadi ramai bahkan memiliki nilai jual yang juga tinggi. Saat itu Anda akan terlambat dan kemudian menyesal karena tidak membelinya begitu penawaran pertama didapatkan.

Di Indonesia sendiri, jumlah lokasi perumahan baru ternyata cukup banyak. Saatnya Anda menentukan lokasi mana yang ingin Anda tempati. Di pinggir Jakarta seperti Tangerang, Depok, Bogor, atau Bekasi rasanya bisa menjadi pilihan menarik.

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan di Jakarta, masih bisa mengakses dengan berbagai jenis transportasi umum yang mudah di temui. Seperti misalnya KRL atau bis kota. Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi, seperti kendaraan roda empat, misalnya. Bisa memilih untuk melalui jalan tol.

Lokasi perumahan baru yang berada diluar kota Jakarta, juga biasanya menawarkan kelebihan lainnya yang mungkin tidak bisa didapatkan di kota besar. Seperti udara yang sejuk, sumber mata air yang baik serta pemandangan alam yang berbeda seperti dilansir dari Liputan6.com kanal properti.

Sebelum menentukan lokasi perumahan baru yang akan Anda beli, sebaiknya cari tahu dulu siapa pengembangnya. Karena pengembang atau developer yang baik dan berpengalaman serta tepercaya, tidak akan memberikan penawaran yang tidak sesuai dengan kualitas produk yang ia jual.

Mendapatkan rekomendasi dari orang yang Anda kenal juga tidak ada salahnya dipilih. Kemudian beberapa kelengkapan surat pembelian rumah juga harus diperhatikan. Seperti, Surat Kepemilikan Tanah, baik itu berupaSertifikat Hak Milik atau SHM, atau SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan, ataukah SHP atau Sertifikat Hak Pakai.

Selanjutnya pastikan AJB atau Akta Jual Beli juga harus Anda dapatkan. Di sini peran dari seorang Notaris sangat dibutuhkan. Karena ia-lah yang kemudian akan menentukan keabsahannya. Kemudian Surat PBB atau Surat Pajak Bumi dan Bangunan. Di mana surat ini amat dibutuhkan, saat Anda akan membayar pajak setiap tahunnya.

Kemudian yang tidak bisa diabaikan adalah keberadaan Surat IMB atau Surat Izin Mendirikan Bangunan. Inilah alasan utama kenapa, Anda harus memilih pengembang tepercaya. Karena izin ini yang terkadang menjadi permainan dan kelak bisa merugikan Anda sebagai pembeli.

Terakhir, jangan buang nota apapun yang berhubungan dengan pembelian atau transaksi. Baik itu nota atau bukti pembayaran uang muka rumah, juga tagihan-tagihan lainnya. Karena kemungkinan data-data tersebut akan dibutuhkan.  Dan sebaiknya tidak terburu-buru dalam melakukan proses pembelian apapun.

Jangan pernah lakuan transaksi apapun di bawah tangan. Karena bagaimanapun juga, Andalah yang akan mengalami kerugian, bila sesuatu yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi.

Saat ini berbagai lokasi perumahan baru tidak hanya meluas di Pulau Jawa. Beberapa wilayah di kepulauan lain di negara ini juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut terjadi karena setiap manusia semakin paham akan kebutuhannya, yaitu memiliki rumah sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar