Jumat, 21 Juni 2019

Mau Beli Rumah? Kenali Dulu Ciri Ciri Perumahan yang Bagus Berikut Ini!



Mau Beli Rumah? Kenali Dulu Ciri Ciri Perumahan yang Bagus Berikut Ini!

Setiap orang pasti memiliki impian untuk mempunyai rumah hunian sendiri. Impian ini dimiliki oleh hampir semua orang yang sudah dewasa untuk kebutuhan utama tempat tinggal dirinya bersama keluarga. Untuk memilih rumah yang tepat, ada banyak pertimbangan yang tidak bisa diputuskan sembarangan. Rumah bukan hanya mengenai harga, tetapi kondisi bangunan dan kenyamanan.

Saat ini telah terdapat banyak developer yang menawarkan perumahan, mulai dari perumahan subsidi atau perumahan non subsidi. Jika Anda memiliki uang lebih, sebaiknya Anda memilih untuk membeli hunian non subsidi, tetapi bagi Anda yang belum memiliki uang lebih dan ingin memiliki rumah sendiri, tentu Anda bisa membeli rumah subsidi.

Tips Memilih Perumahan yang Bagus

Saat Anda sudah yakin untuk membeli rumah dan telah mengetahui jenis rumah impian seperti apa yang ingin Anda miliki, Anda juga perlu memerhatikan beberapa aspek sebelum membeli rumah. Hal ini dilakukan agar Anda tidak akan menyesal dan kecewa di kemudian hari karena rumah yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi Anda dan keluarga.
Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dan tips dalam memilih perumahan, antara lain:

1.     Reputasi Developer Perumahan
Seperti halnya membeli suatu barang maka dalam transaksi jual beli rumah juga sangat penting adanya rasa percaya antara pembeli dan penjual. Apalagi rumah merupakan aset yang bernilai uang yang sangat besar. Oleh karena itu, dalam memilih developer perumahan, Anda perlu memilih developer perumahan yang terpercaya.

Cara untuk melihat developer tersebut merupakan developer yang sudah terjamin dan terpercaya adalah dengan melihat contoh kawasan yang telah dibangun sebelumnya. Lihat apakah lingkungan kawasan atau perumahan tersebut sesuai dengan yang Anda ingin dan harapkan atau tidak.

2.     Akses dan Fasilitas Perumahan
Saat Anda memiliki rumah di perumahan terbaru tentu Anda tidak ingin jika Anda nantinya kesulitan saat melakukan kegiatan atau Anda ingin rumah yang mudah untuk dicari oleh kerabat. Karena hal tersebut, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kemudahan akses dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan dari perumahan tersebut.

Fasilitas yang sangat mendasar yang perlu ada yaitu listrik, air yang bersih, pembuangan sampah, dan lainnya. Hal dasar tersebut adalah hal yang sangat mendasar yang berarti rumah Anda layak untuk ditinggali. Fasilitas lainnya yang biasa ditawarkan adalah ruang terbuka, tempat bermain untuk anak, dan fasilitas lainnya sesuai dengan jenis perumahan yang Anda sesuaikan dengan budget.

Perhatikan juga akses untuk menuju perumahan Anda dan akses ke fasilitas umum misalnya, tol, rumah sakit, minimarket, dan lainnya untuk semakin memudahkan Anda dan keluarga.

3.     Metode dan Cara Pembayaran
Saat ini sudah terdapat banyak kemudahan untuk cara dan metode pembayaran, hal ini merupakan salah satu hal yang penting dalam pertimbangan Anda dalam memilih perumahan. Jika Anda memiliki uang tunai yang cukup, Anda dapat melakukan transaksi langsung secara cash.

Namun, jika Anda belum memiliki uang tunai yang cukup, Anda dapat memilih untuk melakukan pembayaran dengan sistem KPR atau pembayaran bertahap (cash installment).

Adanya sistem KPR ini tentu semakin memudahkan masyarakat yang ingin membeli rumah namun tidak bisa membayar secara tunai, pembayaran dengan sistem KPR dapat dicicil sampai dengan 20 hingga 25 tahun. Tetapi, memang tidak dapat dipungkiri bahwa harga beli cash keras akan lebih murah karena tidak terdapat bunga.

Metode lainnya adalah dengan pembayaran cash bertahap, dengan cara ini harga akan naik sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta tergantung dari harga pokok. Tetapi, calon konsumen sudah dapat mencicil selama 12 bulan. Ada juga beberapa developer perumahan yang menawarkan installment hingga 3 tahun.

4.     Seimbangkan dan Sesuaikan Antara Kebutuhan dan Keinginan
Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan dan biasanya terlupakan adalah Anda perlu memikirkan kembali antara keinginan Anda dan kebutuhan Anda. Apalagi apabila Anda adalah seseorang yang pertama kali akan membeli rumah dan belum memiliki pengalaman dalam memilih rumah yang tepat.

Pikirkan lagi, rumah tersebut merupakan rumah yang tepatuntuk Anda atau bukan, lingkungan perumahan tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidak, dan hal lainnya yang perlu Anda pikirkan lagi secara matang agar Anda merasa lebih yakin dalam memilih rumah tersebut.

Jika Anda merasa khawatir dengan keamanan, Anda bisa memilih perumahan yang menawarkan sistem keamanan menggunakan CCTV dan jasa keamanan. Aspek kebutuhan dan keinginan ini terkadang tidak terlalu dipikirkan secara matang oleh sebagian orang. Ada orang yang menginginkan rumah dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan sehari-hari, namun ternyata hal tersebut tidak terlalu diperlukan dan budget tidak mendukung.

Hal ini bisa menyebabkan hal yang lebih besar lagi di kemudian hari, mungkin akan kesusahan dalam melakukan pembayaran cicilan rumah yang terlalu besar diluar kemampuan. Sebaiknya, Anda lebih bijaksana dalam memilih rumah, karena rumah meruapakan hal yang sangat penting bagi Anda dan keluarga Anda.

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi website kami juga di https://kontraktorjogja.co.id/
    Semoga sukses selalu :)

    BalasHapus